disusun Oleh :
I Gede Ketut Saditha Putra (F1D016038)
Rejalana Bayu Kurniawan (F1D016074)
Extreme Programming adalah sebuah pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang mencoba menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan tersebut sehingga menjadi lebih adaptif dan fleksibel. Model Extreme Programming didefinisikan sebagai suatu metode ringan yang menekankan pada komunikasi yang intens, hingga model pengerjaan yang interaktif dan Incremental
![]() |
Kent Beck |
![]() |
Ward Cunningham |
Extreme Programming memiliki 4 nilai dasar yang menjadi inti pokok XP yaitu : Communication (Komunikasi), Simplicity (Kesederhanaan), Feedback (Umpan Balik), dan Courage (Keberanian). Keempat nilai dasar ini menunjukan bahwa Extreme Programming bersifat fleksibel terhadap perubahan-perubahan yang diminta oleh klien.
Di dalam pengembangan sistem yang menggunakan
Extreme Programming terdapat empat tahapan, yaitu:
1. Planing
Pada tahap pertama ini dilakukan pembuatan user story (cerita) berdasarkan data yang diperoleh dari client. User story ini akan menjadi gambaran dasar dari sistem yang akan dikembangkan.
Pada tahap pertama ini dilakukan pembuatan user story (cerita) berdasarkan data yang diperoleh dari client. User story ini akan menjadi gambaran dasar dari sistem yang akan dikembangkan.
2. Design
Pada tahap design dilakukan
perancangan alur kerja sistem dan perancangan database berdasarkan user story
yang telah dibuat sebelumnya.
3. Coding
Coding (pengkodean)
merupakan tahap pembuatan sistem berdasarkan rancangan yang telah dibuat. Dalam
pembuatan sistem ini dilakukan oleh dua orang yaitu seorang programmer dan
seorang tester Tahap ini dapat dilakukan secara berulang-ulang (refactoring)
apabila terdapat koreksi.
4. Testing
Testing merupakan tahap
pengujian sistem, setiap modul yang sedang dikembangkan akan terlebih dahulu
mengalami pengujian. Apabila masih belum sesuai dengan permintaan, maka akan
dilakukan perbaikan pada bagian yang dikoreksi. Jika sudah sesuai dengan
permintaan maka sistem sudah dapat diimplementasikan.
Karakteristik Extreme Programming :
1. Peran serta client secara langsung
2. Fokus pengerjaan coding
3. Cenderung membutuhkan anggota developer yang sedikit untuk mempercepat pengerjaan sistem atas permintaan client
Karakteristik Extreme Programming :
1. Peran serta client secara langsung
2. Fokus pengerjaan coding
3. Cenderung membutuhkan anggota developer yang sedikit untuk mempercepat pengerjaan sistem atas permintaan client
Keunggulan :
1. Menjalin komunikasi yang
baik dengan klien.
2. Menurunkan biaya pengembangan
3. Meningkatkan komunikasi
dan sifat saling menghargai antar developer.
4. XP merupakan metodologi yang
semi formal. (Planning Developer harus selalu siap dengan perubahan karena
perubahan akan selalu diterima, atau dengan kata lain eksibel.
Kelemahan :
Tidak
bisa membuat kode yang detail di awal (prinsip simplicity dan juga anjuran
untuk melakukan apa yang diperlukan hari itu juga). XP juga memiliki keunggulan
yang sekaligus menjadi kelemahannya, yaitu XP tidak memiliki dokumentasi formal
yang dibuat selama pengembangan. Satu-satunya dokumentasi adalah dokumentasi
awal yang dilakukan oleh user
Kesimpulan
Metode XP merupakan metode yang menyederhanakan
berbagai tahapan dalam proses pengembangan yang
lebih adaptif dan fleksibel. Sehingga pengerjaan suatu rancangan dapat diselesaiakan lebih cepat sesuai dengan permintaan
client
Referensi
Rizal Hidayat, Adhy Satriyo, Wisnu Wirawan Panji. 2013. Perancangan dan Pembuatan Mobile Learning Interaktif Berbasis Android Dengan Metode Personal Extreme Programming: Journal of Informatics and Technology.- Rahmi Raysa.2016.Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi): Jurnal Politeknik Caltex Riau.
- Irawan Chandra Yudi. 2016. Perancangan Aplikasi Resep Makanan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Agile Proces dengan Model Extreme Programming Berbasis Android: SEMNASTIKOM
- Dwiky Andika, 2018, "Apa itu Extreme Programming ?", https://www.it-jurnal.com/apa-itu-extreme-programming/, (diakses tanggal 5 September 2019)
No comments:
Post a Comment