Wednesday, September 4, 2019

ADAPTIVE SOFTWARE DEVELOPMENT

Nama Kelompok:
1.       Achmad Muchtarom Fadli (F1D016004)
2.       Teguh Ardian Samudra (F1D016084)

Adaptive Software Devlopment (ASD)

Adaptive Software Development (ASD) merupakan suatu model pengembangan perangkat lunak yang tergolong dalam agile development methods yang diusulkan oleh Jim Highsmith. Adaptive Software Development (ASD) menekankan pada pengorganisasian tim secara mandiri, kolaborasi antar-perseorangan, dan terus belajar, baik secara individu maupun secara tim, Adaptive Software Development (ASD) menggunakan tools yang disebut dengan time-boxing, time-boxing merupakan aktifitas yang menentukan jangka waktu tertentu yang dialokasikan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas. Apabila waktu yang telah ditentukan selesai, maka pembangunan sistem akan dilanjutkan ke tugas berikutnya, dengan harapan bahwa sebagian besar dari critical work telah berhasil diselesaikan sebelum waktu keseluruhan tugas berakhir.

Tahapan-tahapn pada ASD

Gambar 1. Siklus tahapan ASD
1. Tahap Speculation, proyek dimulai dan adaptive cycle planning diselenggarakan.Pada tahapan ini, didefinisikan visi dan misi pengguna terhadap sistem yang akan dibuat, selanjutnya mendefinisikan project constraints, misalnya: waktu deliver. dan selanjutnya mendefinisikan satu set dari requirements yang akan dikerjakan dalam suatu cycle.
2.  Tahap Collaboration, orang-orang yang bermotivasi tinggi bekerja sama, saling melengkapi, rela membantu, kerja keras, terampil di bidangnya, dan komunikasikan masalah untuk menyelesikan masalah secara efektif. Disarankan menggunakan model Joint Application Development (JAD).
3.   Tahap Learning, terdapat tiga aktifitas yaitu: pelanggan atau end-user menyediakan feedback terhadap hasil incremental delivery, tim ASD melakukan review terhadap komponen perangkat lunak untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas perangkat lunak yang sedang dibuat.

Pada tahap Learning, tim developer sering sudah merasa tahu semua hal tentang proyek , padahal tidak selamanya begitu . Oleh karena itu , proses ini membuat developer belajar lebih tentang proyek melalui 3 cara , yaitu :
a.       Focus Group : Klien dan pengguna memberi masukan terhadap software
b.      Formal Technique Reviews : Tim ASD lengkap melakukan review
c.       Postmortems : Tim ASD lakukan introspeksi pada kinerja dan proses
Kelebihan & Kekurangan Adaptive Software Development
1.      kelebihan dari Adaptive Software Development ini adalah :
  1. Menambah produktivitas tim
  2. Menambah kualitas software
  3. Menambah kepuasan klien
  4. Menghemat biaya
  5. Mengurangi resiko kegagalan implementasi software dari segi non-teknis
2.      Kekurangan Adaptive Software Development
  1. Metode ini tidak akan berjalan dengan baik jika komitmen tim tersebut kurang
  2. Metode ini tidak cocok dengan skala tim  yang lebih dari 20 orang.
  3. Perkiraan waktu rilis dan harga perangkat lunak sulit ditentukan. tergantung dari kesulitan pengerjaannya.
Karakteristik
Model ini sangat baik digunakan apabila suatu tim tersebut mempunyai anggota yang lebih sedikit (kurang dari 20 orang). Apabila tim tersebut memiliki anggota lebih dari 20 orang, maka lebih baik tidak perlu menggunakan model ini agar lebih mudah memanage dengan lebih baik sehingga anggotanyapun dapat lebih diatur. ASD hanya akan bekerja dengan baik apabila anggotanya lebih sedikit.
Kesimpulan
Metodologi ASD merupakan aktivitas pengembangan software berdasarkan tim yang menekankan pada pendekatan kepada proyek yang sedang di kerjakan, 3 aktifitas yang terdapat pada ASD yaitu Speculation, Collaboration dan Learning bertujuan untuk melakukan adaptasi terhadap suatu proyek pengembangan software yang sedang di kerjakan.
Referensi:
Jim Highsmith. adaptive software development. Addison-Wesley, 15 Jul 2013
Ambler, Scott W. "An Introduction to Agile Modeling." Agile Modeling Home Page. 2001-2008.
Pressman, Roger S. Software Engineering : A Practitioner's Approach. 6th Ed. McGraw-Hall. NY.2005.
Jim Highsmith & Cockburn, Alistair. Agile software development: the business of innovation. Computer, 2001.

No comments:

Post a Comment